Home » , » Pengertian Demokrasi

Pengertian Demokrasi

Written By Wedastra on Monday, October 14, 2013 | 8:57 PM

Pengertian Demokrasi, Apa Itu Demokrasi?
Indonesia merupakan negara demokrasi. Hal ini dapat diketahui dari adanya pemilu. Ini merupakan suatu wujud untuk dapat memberikan kesempatan rakyatnya untuk memegang pemerintahan atau kekuasaan tertinggi dalam suatu organisasi khususnya organisasi kenegaraan. Banyak negara di dunia yang berupaya keras membentuk negaranya menjadi negara demokrasi. Segala upaya dilakukan agar kehidupan demokrasi dapat tercipta di negaranya. Prinsip-prinsip demokrasi pun diterapkan semaksimal mungkin. Demikian halnya dengan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia pun berupaya keras menciptakan kehidupan demokratis. Prinsip-prinsip demokrasi yang diterapkan bangsa Indonesia tetap disesuaikan dengan ideologi bangsa.

Pengertian Demokrasi

Istilah demokrasi berasal dari bahasa Yunani, secara etimologi demokrasi berasal dari kata demos dan kratein, yaitu demos artinya rakyat dan kratein berarti pemerintah. Ini berarti kekuasaan pemerintahan tertinggi berada di tangan rakyat, atau pemerintahan rakyat. Selain itu, ada beberapa pengertian demokrasi dari para tokoh sebagai berikut :

a. Kranenburg
Demokrasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu demos (rakyat) dan cratein (memerintah). Jadi, demokrasi adalah cara memerintah dari rakyat.

b. Abraham Lincoln
Demokrasi adalah pemerintah dari, oleh, dan untuk rakyat.

c. Mr. Koentjoro Poerbopranoto
Demokrasi adalah negara yang pemerintahannya dipegang oleh rakyat. Hal ini berarti suatu sistem dimana rakyat diikutsertakan dalam pemerintahan negara.

d. Harris Soche
Demokrasi adalah pemerintahan rakyat karena itu kekuasaan melekekat pada rakyat.

e. Henry B. Mayo
Sistem politik demokratis adalaha menunjukkan kebijakan umum ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat, dan didasarkan atas kesamaan politik dalam suasana terjaminnya kebebasan politik.

f. International Commisison for Jurist
Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan untuk membuat keputusan politik diselenggarakan olehwakil-wakil yang dipilih dan bertanggung jawab kepada mereka melalui pemilihan bebas.

g. C.F. Strong
Suatu sistem pemerintahan pada mayoritas anggota dewasa dari masyarakat politik ikut serta atas dasar sistem perwakilan yang menjamin bahwa pemerintah akhirnya mempertanggungjawabkan tindakan kepada mayoritas.

h. Samuel huntington
Sistem politik sebagai demokratis sejauh para pembuat keputusan kolektif yang paling kuat dalam sistem ini dipilih melalui pemilihan umum yang adil, jujur dan semua orang dewasa mempunyai hak yang sama memberikan suara.

Demokrasi juga memiliki dua pengertian yaitu demokrasi dalam arti sempit yang hanya meliputi bidang politik saja, dimana dalam pemerintahannya hanya membicarakan sistem pemerintahan yang mencakup tentang pengertian pengakuan hak azasi manusia. Sedangkan pengertian demokrasi dalam arti luas meliputi pengertian dalam arti sempit yaitu bidang politik yang ditambah dalam bidang ekonomi, budaya dan sosial.


Sumber :
1. Tri Purwanto Bambang, dkk. 2012. Membangun Wawasan Kewarganegaraan Untuk Kelas XI SMA dan MA. Jawa Tengah: CV. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

2. Sucipta I Made. 2013. Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI Untuk 1 Tahun SMA/SMK. Singaraja: Petada Pasi Grafika

Semoga artikel ini bermanfaat
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. Ilmu TOP - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger