Home » » Pentingnya Minum Air Setelah Bangun Tidur

Pentingnya Minum Air Setelah Bangun Tidur

Written By Wedastra on Thursday, October 24, 2013 | 10:57 PM

Pentingnya Minum Air Setelah Bangun Tidur | ilmu-top.blogspot.com
Pentingnya Minum Air Setelah Bangun Tidur - Banyak diantara dari kita yang belum mengetahui manfaat dari pentinggnya minum air putih setelah bangun tidur. Padahal minum air putih setelah bangun tidur sangat dianjurkan. Apa alasannya? simak ulasannya berikut ini.

Menurut Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Siloam, Dr Samuel Oetoro MS, Sp.GK, saat tidur, tubuh mengeluarkan banyak air dengan kata lain terjadi penguapan. Apalagi saat tidur aktivitas tubuh tidak berhenti bekerja. Metabolisme sel-sel terus berjalan dan air dalam tubuh membantu sel-sel bekerja. Sehingga, setelah 6-8 jam tidur, tubuh bisa mengalami defisit air, karena dalam proses metabolisme sel akan ada air yang terbuang. 

Sangat penting sekali untuk mengisi kembali cairan tubuh kita yang hilang setelah bangun tidur, karena mineral dalam tubuh kita akan menjadi berkurang dan bisa-bisa akan menimbulkan penyakit.

Menurut kompas.com, ada berbagai alasan kenapa kita dianjurkan untuk meminum air putih setelah bangun tidur, yaitu.

  1. Detoks tubuh. Selain untuk menghidrasi sel, air terutama air perasan lemon merupakan detoks alami. Minum air juga dapat membuang racun dan memurnikan tubuh. Tidak hanya membuat tubuh sehat, minum air juga membuat kulit lebih bersih dan segar. Selain itu, air juga mampu membersihkan usus besar sehingga memperbaiki penyerapan nutrisi. Air putih saja sebenarnya sudah baik untuk melakukan tugas detoksifikasi ini, namun manfaatnya akan semakin optimal jika diberi perasan lemon. Dalam buku "You Are What You Eat", dr Gillian McKeith menjelaskan, segelas air hangat dengan perasan lemon di pagi hari setelah bangun tidur membersihkan berbagai lendir tidak berguna dalam tubuh sehari sebelumnya. Sebaiknya, lakukan juga malam hari sebelum tidur. 
  2. Membantu mengurangi berat badan. Minum air di pagi hari juga dapat mengurangi berat badan karena penelitian menunjukkan bahwa minum air saat perut kosong di pagi hari dapat meningkatkan laju metabolisme sepanjang hari. Air juga membuat rasa kenyang sehingga dapat menunda lapar. Sehingga secara tidak langsung kita dapat mengurangi berat badan kita.
  3. Mencegah sakit. Minum air setelah bagun tidur juga dapat mencega penyakit. Badan kita terdiri dari 70% cairan. Air memegang peranan penting dalam menjaga sistem limfatik. Ketika sistem ini seimbang, tubuh dapat melawan infeksi dengan lebih baik.
Wah, ternyata penting sekali untuk minum air setelah bangun tidur. Bukan hanya itu, minum air sebelum tidur juga sangat dianjurkan untuk membantu metabolisme tubuh ketika kita tidur.

Demikialah artikel yang saya bagikan saat ini. Semoga artikel ini selalu bermanfaat bagi sobat ilmu.


Sumber :
Mengapa Bangun Tidur Perlu Minum Air Putih? (health.kompas.com)
Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur (desxripsi.blogspot.com)
Share this article :

4 comments:

  1. say paling suka kalau minum air putih mas, biasanya sehabis bangun tidur, sebelum mandi saya minum air putih dulu, dah jd kebiasaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus tu, ya setidaknya nggak minum-minum yang isi pemanis ama pengawet aj..

      Delete
  2. Wah ini artikel bagus, saya sudah biasa minum air putih setelah bangun tidur. Ternyata banyak sekali manfaatnya. Thanks ya telah berbagi.

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. Ilmu TOP - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger