Home » » Cara Merawat Rambut Rontok

Cara Merawat Rambut Rontok

Written By Wana Wedastra on Sabtu, 05 Oktober 2013 | 22.03

Secara ilmiah, rambut memiliki kandungan yang sama dengan kulit dan kuku , yaitu keratin. Keratin merupakan protein berserat yang ditemukan dalam sel-sel epidermis, seperti kulit, kuku dan rambut. Namun, dibandingkan dengan kulit dan kuku, rambut menjadi yang paling mudah digunakan sebagai tanda bahwa tubuh sedang mengalami masalah kesehatan.

Hal ini karena sel-sel dalam rambut yang paling sensitif dan mudah dipengaruhi oleh kondisi kesehatan tertentu. Ketika sel-sel terganggu, maka akar rambut menjadi rapuh dan rambut rontok terjadi. Umumnya masalah kesehatan karena kesalahan gizi dapat dilihat dari rambut rontok. Kurangnya vitamin dan mineral , akan di tunjukan dengan rambut  rontok.

Di era yang serba instan ini, lebih dari 75 persen masalah berasal dari penggunaan bahan kimia rambut dari  produk perawatan rambut. Ini adalah alasan banyak orang mulai beralih menggunakan produk alami dari tanaman yang ramah lingkungan dan bebas kimia. Pada dasarnya, cara mengatasi rambut rontok bisa dengan konsumsi makanan sehari-hari. Makan makanan sehat tidak 100 persen mengatasi rambut rontok, tetapi dapat mengurangi kerontokan rambut menjadi lebih parah.

Jadi, apa nutrisi yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kuat dan bebas dari kebotakan rambut?

Protein : Rambut terdiri dari lapisan protein. Itulah mengapa rambut Anda tidak harus menjadi kekurangan nutrisi. Protein berperan dalam  pertumbuhan rambut dan juga berfungsi untuk menguatkan akar rambut. Kurangnya protein dapat menyebabkan rambut rontok dan rapuh. Produk susu kedelai, ikan , daging, dan telur putih, merupakan sumber protein yang dapat Anda makan setiap hari. Sebuah studi Eropa mengatakan bahwa proetin kedelai dapat memperkuat dan merangsang pertumbuhan rambut hingga 15 persen.

Vitamin C : Vitamin C bekerja sebagai antioksidan untuk memperbaiki sel yang rusak yang menyebabkan rambut rontok. Vitamin C juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam pertumbuhan rambut. Sumber vitamin C Anda bisa didapatkan dari buah-buahan segar seperti jeruk, anggur , brokoli , stroberi, dan banyak lagi.

Vitamin B : Selain mencegah rambut rontok, vitmain B juga menjaga elastisitas rambut. Sama seperti vitamin C, vitmain ini  juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dalam proses pertumbuhan rambut. Sumber vitmain B bisa Anda dapatkan di Serela gandum, salmon, daging bebas lemak, pisang, keju, dan banyak lagi.

Zat Besi : Biasanya rambut rontok disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi dalam tubuh. zat besi membantu protein untuk memperkuat akar rambut agar tidak mudah rontok. Sumber zat besi Anda bisa mendapatkan dalam makanan seperti daging, telur, kacang polong, buncis, dan banyak lagi.

Zat Tembaga : Mineral yang satu ini sama pentingnya dalam meningkatkan kekuatan rambut. Tembaga berperan dalam pigmentasi rambut yang memiliki warna alami. Makanan yang mengandung tembaga, antara lain, kerang, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau.

Seng/zinc :  adalah salah satu mineral penting lainnya selaini tembaga yang diperlukan dalam proses pertumbuhan rambut. Defisiensi zinc juga dapat menyebabkan rambut rontok. Zinc mempertahankan akar rambut dan kekuatan  batang rambut yang tidak mudah rontok. Makanan sumber yang mengandung seng, antara lain, kacang, biji labu, ayam, kepiting, dan banyak lagi.

Demikianlah tips cara merawat rambut rontok, kritik & saran anda sangat kami perlukan. Terima kasih.

Sumber:
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. Ilmu TOP - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger